Minggu, 26 Desember 2010

Materi Pembelajaran Kelas 9 Bahasa Indonesia SMP N I Brangsong

Materi K.D. 10.1 Berpidato

Contoh  Teks pidato
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hadirin yang saya muliakan, malam ini kita bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan karuniaNya, kita dapat bersama –sama menghadiri Malam Anugerah Seni 2007 di Jakarta Convention Centre.
Hadirin yang saya muliakan,
Kita patut bersyukur, bahwa bangsa kita dianugerahi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dengan keanekaragaman budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi. Potensi yang sangat besar itu haruslah kita kembangkan dan kita kelola sebaik mungkin, agar menjadi kekuatan yang nyata, kekuatan bangsa kita. Kekuatan yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan dalam rangka meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
Di tengah-tengah terpaan budaya asing yang masuk ke tanah air, kekayaan budaya bangsa kita harus menjadi pilar utama dalam menangkal pengaruh negatif yang menyertainya.Kekayaan budaya kita harus menjadi penyaring atau filter masuknya nilai-nilai budaya asing yang tidak sesuai dengan karakter budaya kita. Kita memang harus menangkal dan mencegah masuknya nilai-nilai budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa kita. Kita ingin membangun masyarakat yang hidup di atas kepribadian sendiri, kepribadian Indonesia. Masyarakat yang kokoh berdiri dan tidak terombang-ambing oleh perubahan kemajuan zaman.
Sementara itu, dalam era globalisasi ini nilai-nilai budaya asing yang membawa kebaikan dan yang sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa kita, kita jadikan pendorong dalam proses percepatan pembangunan. Nilai budaya luhur yang penerapannya dikemas dalam semangat kekinian akan mendorong kita semua untuk tumbuh maju dan berkembang. Nilai budaya yang berorientasi ke masa depan mengandung disiplin yang tinggi dan penuh tanggung jawab, memiliki kemampuan berinovasi, serta menghargai hasil karya orang lain dan percaya terhadap kemampuan sendiri adalah nilai-nilai budaya luhur yang harus ditanamkan dan diwariskan kepada generasi penerus kita selanjutnya. Dengan mengedepankan nilai-nilai budaya luhur seperti itu, kita akan dapat menyonsong hari esok yang lebih cerah dan menghasilkan budaya kreatif yang penuh inovasi.
Saudarasaudara,
Perkembangan seni budaya dari berbagai suku bangsa harus kita upayakan, agar dapat menjadi daya tarik dan nilai jual pariwisata di tanah air. Industri pariwisata yang tengah kita galakkan tidak mungkin tumbuh dan berkembang, jika kita tidak dapat mengemaskekayaan seni budaya dalam suguhan karya seni yang menarik. Di berbagai kesempatan saya jelaskan, dunia sedang memasuk gelombang ke4 peradaban bangsa. Pada era seperti itu, kita harus membangun salah satu cabang ekonomi yang sering saya sebut dengan ekonomi warisan, heritage economy, yang mengembangkan budaya, seni, kekayaan sejarah dan berbagai warisan yang di negeri kita ini amat banyak jumlahnya. Kita harus menjemput masa itu dengan secara cerdas mengembangkan kebesaran yang dimiliki oleh bangsa kita, sehingga akhirnya bisa membawa kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia
Sekian sambutan saya. Terima kasih atas perhatian, mohon maaf atas kekurangan.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Beberapa hal yang perlu kalian persiapkan sebelum berpidato adalah berikut.
1. Memahami dan menguasai materi pidato yang akandisampaikan secara mendalam.
2. Memperbanyak informasi dan pengetahuan berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.
3. Melakukan latihan yang meliputi pemilihan kosakata yang menarik, penampilan, volume suara, intonasi, artikulasi, serta tempo dalam berpidato.
4. Mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun mental.

Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat menyampaikan pidato adalah berikut.
1. Pandanglah hadirin sebelum berpidato untuk menjalin suasana berkomunikasi.
2. Pandanglah hadirin saat berpidato meskipun sesaat. Jangan tertuju pada satu arah. Jika menggunakan teks, jangan membaca teks tersebut tanpa memerhatikan hadirin.
3. Sampaikan pidato sesuai dengan suasana atau isi pidato, misalnya sedih, gembira, duka, semangat, dan sebagainya.
4. Gunakan irama penyampaian yang variatif agar tidak monoton dan menjenuhkan.
5. Upayakan agar sesuatu yang kamu sampaikan dapat diterima dengan jelas oleh hadirin. Upaya ini dapat dilakukan dengan volume suara, artikulasi, dan intonasi yang tepat serta bahasa yang komunikatif.
6. Bersikaplah dengan sopan dan simpatik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar